Macam jenis Bisnis Rumahan Bidang Usaha Kuliner

Bisnis Rumahan ~ sejauh ini peluang usaha kuliner menjadi salah satu peluang bisnis yang masih banyak diminati oleh masyarakat. Terdapat banyak jenis usaha kuliner yang dijelankan masyaraat mulai dari berjualan es jus, membuka warung tegal atau warteg, hingga ke produksi makanan masal seperti yang dilakukan beberapa perusahaan berskala nasional.

Makanan sebagai salah satu kebutuhan primer manusia menjadi sangat potensial jika dijadikan peluang usaha, hal ini tentu tidak lepas dari perkembangan manusia dari tahun ke tahun. Dengan berbagai cita rasa masakan, manusia yang secara kodrati memiliki selera yang berbeda - beda akan sangat menyukai makanan yang lezat. Dari sini kemudian muncullah berbagai jenis bisnis kuliner dan pada pembahasan kali ini kita akan membahas usaha kuliner yang dapat dijalankan di rumah atau kita sebut bisnis rumahan kuliner.

Macam jenis Bisnis Rumahan Bidang Usaha Kuliner

Berikut ini merupakan macam jenis bisnis rumahan bidang kuliner yang baik untuk anda kerjakan diantaranya adalah :

Bisnis rumahan makanan ringan

Makanan ringan didefinisikan sebagai makanan yang dijadikan sebagai cemilan atau yang tujuannya bukanlah untuk mengenyangkan perut. Makanan jenis ini biasanya dijadikan sebagai hidangan untuk tamu atau sekedar menemani saat - saat santai seperti saat menonton bola. Bisnis makanan ringan ternyata tidak seringan keuntungan yang didapatkan. Bisnis ini meski terkesan sepele namun ternyata mampu menghasilkan pundi - pundi rupiah yang sangat besar. 

Salah satu pengusaha yang telah sukses dalam menjalankan bisnis ini adalah Ibu kustinah dan Bapak sudarto. Dua orang tersebut telah menjadi seorang pengusaha kelas atas melalui bisnis rempeyek yang telah mereka jalani beberapa tahun terakhir. Omzet bulanan mereka mencapai ratusan juta rupiah. Tak hanya itu, ada juga yang telah sukses membuka kedai gorengan yang mampu menghasilkan uang ratusan juta rupiah padahal beliau masih tercatat sebagai seorang mahasiswa.

Salah satu keuntungan bisnis ini adalah anda tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak. Bisnis rumahan ini bsia dijalankan dengan modal yang seadanya dahulu. Akan sangat lebih baik jika anda pertama kali mengutamakan kualitas makanan anda, disamping itu membuat makanan ringan yang unik dan cita rasa yang khas akan sangat penting untuk menjadikan produk kuliner yang anda hasilkan mudah dikenali oleh masyarakat dan tak jarang keunikan tersebut sebenarnya merupakan hal biasa namun diramu dengan cara berbeda seperti halnya keripik jamur atau pecel lele lela yang fenomenal.


Bisnis Rumahan Usaha Catering

Dengan kebiasaan masyaraat yang ingin serba instan. Kebutuhan usaha catering dipandang semakin diperlukan. Ketika anda sedang mengadakan hajatan, tentu anda ingin agar masakan yang dihidangkan kepada para tamu merupakan makanan yang enak, bersih dan siap saji. Dengan demikian, yang anda perlukan adalah jasa catering karena anda akan dimudahkan dengan hal masak memasak dan anda tidak perlu memikirkan masalah makanan sehingga anda bisa fokus kepada masalah pelaksanaan hajat anda.


Bagi pelaku usaha catering pemula, modal yang digunakan bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial anda. Anda bisa menggunakan peralatan yang biasa anda gunakan untuk memasak sehari - hari. Untuk tempat pun bisa anda gunakan dapur anda sendiri. Agar anda semakin ringan dalam hal permodalan, anda bisa meminta uang muka kepada si pemesan makanan sehingga ada tambahan modal untuk membeli bahan - bahan makanan.
Dua jenis bisnis rumahan kuliner diatas merupakan dua jenis usaha makanan yang bisa anda jalankan di rumah anda serta modal yang digunakan tidak terlalu besar.